Berburu Tiket Pesawat Murah

Saya adalah orang yang suka berjalan-jalan, ke mana saja, dalam dan luar negeri. Melihat-lihat kehidupan selain yang kita jalani memang sungguh sesuatu yang menyenangkan untuk saya. Ada kalanya untuk mencapai suatu tempat, kita perlu menggunakan jasa angkutan penerbangan. Mencari penerbangan yang sesuai dengan harga di kantong kadang-kadang susah-susah gampang, berikut beberapa tips berdasarkan pengalaman saya dan beberapa teman.

[1] Gunakan Flight Comparator
Flight comparator atau pembanding harga penerbangan memudahkan kita menemukan harga tiket termurah, kapan ada tiket promo, dan harga promo tersebut. Flight comparator favorit saya adalah utiket.com. Fiturnya cukup memuaskan buat saya, ada kalender harga, serta flight dengan stop dengan dua maskapai yang berbeda.

Tampilan utiket

Sayangnya, utiket hanya melayani pengecekan untuk Indonesia, dan beberapa tujuan luar negeri yang terbatas cakupannya. Hanya beberapa negara saja seperti Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Australia, dan China. Saya tidak menemukan tiket untuk tujuan yang nyeleneh, misalnya India. Beberapa flight comparator yang lain:

  • tiket2, khusus untuk penerbangan domestik saja. Istimewanya, si penyedia jasa ini juga melayani pemesanan tiket dengan biaya 40.000 rupiah, sangat membantu apabila kita tidak memiliki kartu kredit.
  • wego, untuk penerbangan hampir ke seluruh dunia termasuk ke kota yang aneh-aneh, saya pernah coba memasukkan Johannesburg, Sao Paulo, sampai Montevideo sebagai tujuan, dan Jakarta sebagai asal, dia bisa menemukan penerbangannya!

[2] Rajin-rajin Mencari Promo
Promo tiket pesawat bisa kita lihat di website masing-masing maskapai penerbangan. Perhatikanlah syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh maskapai tersebut. Salah-salah kita justru membayar lebih mahal. IMO, dengan adanya flight comparator, kita lebih mudah mencari di tanggal berapa tiket promo yang disediakan oleh maskapai tersedia, serta harga promonya. Tetapi ada satu hal yang tidak bisa dicari dengan flight comparator, yaitu promo yang diberikan oleh pihak lain selain maskapai.

Promo dari pihak lain? Ya, ada beberapa pihak lain yang terkadang memberikan promo. Coba lihat dompet kita masing-masing, di sana pasti ada beberapa kartu ATM dari bank. Cobalah mengecek website bank tersebut, beberapa promo yang saya temukan saat tulisan ini ditulis:

  • Promo beli 1 dapat 2 tiket dari BNI untuk maskapai Sriwijaya Air. Seorang teman saya memanfaatkan betul promo ini untuk terbang ke Pekanbaru bersama seorang temannya yang lain.
  • Promo buy 1 get 1 Free Garuda Indonesia dari Bank Mandiri. Untuk tujuan tertentu dan waktu tertentu.

Selain itu kadang-kadang maskapai penerbangan mengadakan suatu pameran di pusat-pusat keramaian. Air Asia misalnya, sering mengadakan event di Mal Paris van Java, Bandung. Pada saat event pameran tersebut, biasanya harga pada saat event tersebut lebih murah, jangan sungkan untuk datang dan berbicara langsung dengan mereka.

[3] Milikilah Kartu Kredit
Terkadang, maskapai penerbangan yang memiliki harga termurah adalah maskapai dari luar negeri seperti JetStar, Tiger Airways, Malaysian Airlines, atau Thai Airways. Sayangnya pembelian tiket hanya bisa dilakukan dengan kartu kredit, tidak seperti maskapai lokal yang menerima pembayaran dengan ATM atau Internet Banking.

Bank juga lebih royal memberikan harga promo kepada pemegang kartu kredit. Contoh Promo BNI di atas adalah bagi pemegang kartu kredit BNI. Pertimbangkanlah untuk memiliki kartu kredit apabila sudah memiliki penghasilan tetap. Buat mahasiswa seperti saya, memang susah untuk mendapatkannya. Tetapi, bukan orang Indonesia namanya kalau tidak punya akal, milikilah teman yang punya kartu kredit!:mrgreen:

Demikian beberapa tips dari saya, seorang pemula dalam hal traveling. Barangkali ada yang bisa menambahkan, monggo saja.

2 thoughts on “Berburu Tiket Pesawat Murah

  1. Ga harus dengan kartu kredit kok, wan. Pake pembayaran online juga bisa, misal klikbca (dengan bantuan key-BCA tentunya). Gw pernah nyoba utk airasia.com. Gile deh, murah banget skrg penerbangan. Bahkan ada yang nol rupiah asal pesannya dari kapan tahun gitu (becanda, hehe). Nice sharing, keep posting!😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s