Pemesanan Tiket Kereta Api

Kereta api adalah salah satu metode transportasi yang menurut saya, cukup nyaman untuk dinaiki, terutama untuk tujuan kota-kota di Pulau Jawa. Untuk memesan tiket kereta api, ada beberapa cara, dan saya ingin bahas cara-cara itu satu per satu, positif serta negatifnya. Umumnya tiket kereta api bisa dipesan 90 hari sebelum hari keberangkatan. Jadi rencanakan perjalanan jauh hari sehingga tidak kehabisan tiket. Mari kita mulai,

Stasiun Kereta Api
Cara pemesanan paling klasik, sudah ada sejak perusahaan yang mengelola kereta api ini ada. Pemesanan tiket kereta api di stasiun amatlah sederhana, cukup mengisi form yang disediakan, antri di loket, serahkan form pada petugas, dan bayar. Simpel dan mudah.

Kelebihan memesan di stasiun:

  • Tidak dikenakan biaya reservasi, kita membayar hanya harga tiket saja.
  • Apabila ingin pergi mendadak, datang langsung ke stasiun adalah pilihan satu-satunya, walaupun ini agak bersifat gambling, yaitu berharap jika masih ada kursi kosong.
  • Langsung mendapat tiket, bukan bukti pembayaran yang harus ditukarkan ketika kereta akan berangkat, sehingga tidak perlu datang 1 jam sebelum keberangkatan.
  • Melayani seluruh kelas keberangkatan, Eksekutif, Bisnis, maupun Ekonomi
  • Pembayaran dilakukan dengan cash.

Kekurangan memesan tiket di stasiun:

  • Tidak bisa memilih tempat duduk, kalaupun bisa paling hanya bisa minta dekat jendela, tengah-tengah kereta, atau asle seat.
  • Antrian yang bisa jadi sangat panjang, terlebih pada musim liburan seperti Lebaran atau Natal.
  • Harus datang ke stasiun, tidak banyak orang yang punya waktu untuk ini, sementara loket stasiun hanya buka sampai jam tertentu. Loket Stasiun Bandung misalnya, hanya buka dari jam 7 pagi hingga jam 7 malam.
  • Repot, terkadang ada stasiun yang mewajibkan kita menyerahkan fotokopi KTP pada saat pemesanan tiket.

Website Kereta Api
Kira-kira mulai pada bulan Agustus 2012 kemarin, PT Kereta Api melayani penjualan tiket melalu website mereka. Sebuah langkah yang patut diapresiasi, saya telah beberapa kali membeli tiket dari website ini, dan inilah beberapa kelebihan dan kekurangannya:

Screenshot_2
Website Kereta Api

Kelebihan:

  • Praktis, tidak usah mengantri, semua pilihan kereta langsung keluar setelah Stasiun asal dan tujuan dimasukkan.
  • Billingnya terhubung langsung dengan sistem dari PT. Kereta Api, pembayaran melalui ATM atau Internet Banking sangat mudah, tinggal masuk ke menu Pembayaran > Tiket > Kereta Api.

Kekurangan:

  • Tidak bisa memilih kursi, setelah pemesanan selesai, barulah kita tahu tempat duduk dan nomor kereta, saya sering kecewa kalau mendapat tempat duduk di kolom B atau C karena saya penggemar window seat.
  • Tidak bisa memesan kereta kelas Ekonomi, hanya kelas Eksekutif, Bisnis, dan Ekonomi AC/Plus yang dilayani oleh website ini.
  • Pemesanan hanya bisa dilakukan maksimal 2 hari sebelum keberangkatan. Dibandingkan dengan metode yang lain, ini adalah yang deadline-nya paling cepat.
  • Tidak bisa memesan tiket langsung Pulang – Pergi.

Setelah pembelian dilakukan, kita akan menerima e-mail dengan attachment file pdf yang merupakan bukti pembayaran, file tersebut cukup di-print, kemudian nanti ditukar dengan tiket ketika hari keberangkatan.

Indomaret dan Alfamart
Indomaret dan Alfamart juga melayani pemesanan tiket kereta api, cukup datang ke kasir lalu menyampaikan bahwa kita akan membeli tiket kereta api, cara ini biasanya dilakukan oleh orang tua saya karena tidak ada ATM dan Internet Banking serta jarak rumah yang jauh dari stasiun kereta api.

Kelebihan:

  • Ada peluang bertemu kasir yang cantik #lupakan
  • Tidak perlu ATM dan Internet Banking, tapi bisa juga dibayar dengan kartu debit/kredit dengan mesin EDC yang ada di Indomaret/Alfamart.
  • Bisa memilih tempat duduk, biasanya oleh kasir ditanya mau duduk di sebelah mana.

Kekurangan:

  • Hanya melayani kelas Eksekutif, Bisnis, dan Ekonomi AC saja, kelas Ekonomi tidak dilayani.
  • Pemesanan paling lambat 1 hari sebelum keberangkatan.

Tiket.com

Selain website resmi PT. Kereta Api, tiket.com juga melayani pembelian tiket kereta api. Saya belum pernah mencoba membeli dari web ini, tetapi website-nya sendiri cukup menarik.

Screenshot_1
tiket.com

Beberapa poin plus dari web ini:

  • Bisa langsung membeli tiket PP, sehingga tidak perlu dua kali kerja.
  • Tiket promo ditampilkan langsung pada webnya.
  • Melayani pembelian untuk semua kelas, termasuk ekonomi.
  • Bisa memilih tempat duduk.
  • Terdapat layanan dalam Bahasa Inggris yang memudahkan pengguna asing.
  • Pembayaran bisa dilakukan dengan kartu kredit

Untuk kekurangan, saya belum bisa menilai, karena belum pernah menggunakannya. Mungkin akan saya update di kemudian hari.

Tiketkai.com

Website lain yang juga menjual jasa penjualan tiket kereta api adalah tiketkai.com. Saya cukup menyukai website ini, karena beberapa kelebihan:

Screenshot_3
tiketkai.com
  • Melayani kelas Ekonomi, begitu pula kelas di atasnya.
  • Pembelian dilayani sampai hari H.
  • Pembayaran bisa dilakukan lewat FastPay dengan ATM/Internet Banking Bank Mandiri.
  • Bisa memilih tempat duduk.

Kekurangan:

  • Tampilan webnya kurang menarik, walaupun fungsionalitasnya berjalan dengan baik.
  • Hanya memiliki tampilan bahasa Indonesia di webnya, meskipun buat saya tidak terlalu masalah

Demikian review dari saya, kalau ada yang menambahkan, silakan saja.

2 thoughts on “Pemesanan Tiket Kereta Api

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s