Dropbox

Ceritanya saya sedang senang bekerja dengan banyak (baca: 2) device yang saya miliki sekaligus. Satu perangkat adalah laptop dan satunya lagi adalah tablet.

Keperluan terpenting saya adalah untuk kuliah, mengerjakan tugas, membaca textbook, membaca paper, menuliskan ide-ide, dan seterusnya. Tentu saja repot sekali kalau setiap kali saya mengerjakan tugas harus mengkopinya ke tablet satu per satu. Belum lagi kalau mengerjakan PR dan perlu banyak revisi.

Untunglah di luar sana ada yang membuat Dropbox. Saya menginstallnya di laptop dan di tablet. Setiap kali saya mengerjakan sesuatu di laptop dan saya butuh untuk membacanya di tablet Android saya, tinggal buka aplikasi Dropbox dan download file yang saya perlukan.

Aplikasi Dropbox di Android
Aplikasi Dropbox di Android

Aplikasi Dropbox di Android tidak seperti di komputer yang langsung melakukan sinkronisasi tiap ada file baru sehingga tidak perlu khawatir kuota berkurang. Sayangnya ini juga menyusahkan kalau sedang tidak ada sinyal.

Dengan menggunakan Dropbox, secara tidak langsung juga kita mem-backup data kita. Seorang teman pernah merasakan betul manfaatnya setelah dia menaruh scan dokumen-dokumen penting ke folder Dropbox-nya dan terjadi kejadian dia kehilangan semua dokumen pentingnya.

Selain itu masih banyak manfaat dari Dropbox ini, bisa untuk sharing file dengan teman, membantu memudahkan bekerja dengan tim, bahkan untuk hosting web.

Tidak ada salahnya mencoba untuk join Dropbox!

4 thoughts on “Dropbox

Tinggalkan Balasan

