Backup Data

Seberapa penting sih backup data? Menurut saya sih penting. Penting sekali malah.

Coba pikir, data kita itu ditaruh di hard-disk laptop, yang ukurannya cuma 3.5 inci. Ditaruh di dekat processor, motherboard, yang suhunya bisa mencapai 70-80 derajat. Ditambah listrik Indonesia yang tidak stabil. Data kita bisa hilang sewaktu-waktu.

Media buat backup juga sebenarnya tidak terlalu mahal: hard-disk eksternal misalnya, harganya paling mahal 2 juta rupiah lah, itu pun sudah dapat yang kapasitasnya cukup besar. Kalau menurut Anda 2 juta terlalu mahal, coba pikir, mana yang lebih penting:

  • Uang 2 juta untuk membeli hard-disk eksternal untuk keperluan backup, atau
  • Data kita: PR-PR selama sekolah, laporan-laporan praktikum, tugas akhir kuliah, file-file proposal selama di organisasi, catatan keuangan bulanan, foto-foto momen bersama teman-teman, statement of purpose dan dokumen beasiswa lainnya, file-file pekerjaan, dan masih banyak lagi.

Buat saya data itu nilainya jauh lebih tinggi dari harga hardware. Data tidak terukur nilainya, priceless. Sedangkan hardware bisa dibeli kapan pun kita membutuhkannya.

Untuk keperluan backup, saya menggunakan software Lenovo Rescue and Recovery bawaan laptop saya. Dijadwalkan sebulan sekali pada hari Minggu pertama setiap bulannya. Mungkin buat yang lebih aktif produksi data, jadwalnya bisa diperketat.

Selain itu, semua tugas kuliah juga disimpan di DropBox. Walaupun kapasitasnya tidak seberapa, tapi dokumen kuliah ini nilainya sangat penting bagi saya. Kalau sewaktu-waktu hilang, paling tidak saya bisa mengakses data kuliah saya via DropBox.

Note: Sudah lama tidak menulis blog, rasanya agak kaku untuk menulis. Mungkin harus lebih rajin menulis.

3 thoughts on “Backup Data

Tinggalkan Balasan

