Forward E-mail Students ITB ke Gmail

Sejauh ini, saya paling suka dengan interface dari Gmail dibanding menggunakan e-mail client seperti Thunderbird dan Outlook, dan saya mengecek e-mail di sana saya setiap hari. Nah, saya juga punya e-mail students ITB yang dipakai untuk berlangganan beberapa milis supaya tidak repot membuka banyak webmail, saya memforward e-mail ITB ke gmail saya.

Selain itu, agar ketika membalas e-mail tidak perlu membuka webmail ITB, saya perlu setting agar saya bisa mengirim email dengan alamat @students.itb.ac.id dari gmail.

Obrolan saya dengan Ola, ide tulisan ini.
Obrolan saya dengan Ola, ide tulisan ini.

Saya, mau menjelaskan caranya untuk itu. Ada dua bagian, cara forwarding dan cara setting agar e-mail gmail bisa mengirimkan atas nama @students.itb.ac.id

Cara Forwarding ke Gmail

  • Buka website http://students.itb.ac.id dan login dengan memasukkan username dan password.
  • Klik “Preferences” yang ada di kanan, akan muncul tampilan seperti ini:

Screenshot_16

  • Pilih “Mail” yang di sebelah kiri, lalu isilah “Forward a copy to” ke alamat Gmail. Jika tidak ingin e-mail student penuh, jangan lupa centang “Don’t keep local copy of messages”.

Screenshot_17

  • Simpan dengan mengklik “Save” di pojok kiri. Selesai.

Cara Mengirim dengan E-mail @students.itb.ac.id dari Gmail

  • Buka gmail dan login seperti biasa
  • Klik ikon gerigi di kanan atas, lalu pilih “Settings”

Screenshot_18

  • Pilihlah “Accounts and Import”, lalu di bagian “Send mail as” klik “Add another email address you own”

Screenshot_20

  • Isilah form dengan e-mail students, dan klik next step.

Screenshot_21

  • Isilah form, ikuti setting ini, jangan lupa isi username dan password:

Screenshot_23

  • Lalu klik “Add Account”, Gmail akan mengirimkan e-mail ke e-mail students yang berisi nomor verifikasi.
  • Masukkan nomor verifikasi yang dikirim Gmail:

Screenshot_24

  • Klik verify, dan selesai.😀

Saatnya mencoba mengirim sesuatu, ternyata sudah bisa mengirim from @students:

Screenshot_25

Selamat mencoba!

3 thoughts on “Forward E-mail Students ITB ke Gmail

  1. wah makasih ya, membantu sekali postingannya..
    sy sudah coba yg forward dari students itb ke gmail dan sudah bisa..

    tapi pas coba setting an di gmail pas mau kirim sebagai @students.itb.ac.id
    pas step yg ada masukin password, kan sy udh klik “Add Acount”, setelah itu keluar “Couldn’t reach server. Please double-check the server and port number.”

    itu maksudnya gimana ya?
    saya harus gimana?
    terimakasih.

Tinggalkan Balasan

