Hipotesis Angkot Bandung

Angkot atau angkutan kota adalah kendaraan umum paling jamak di kota Bandung yang saya tinggali ini. Saking banyaknya jumlah dan rute angkot yang ada di sini, berdasarkan pengalaman pribadi dan beberapa teman, saya memformulasikan hipotesis bahwa:

Jika titik A dan titik B adalah dua tempat di kota Bandung yang dilewati oleh angkot, maka dari titik A ke titik B (dan sebaliknya) dapat dicapai dengan maksimal 3 kali naik angkot.

Kenapa baru hipotesis? Karena saya belum membuktikan secara formal, hanya berdasarkan pengalaman pribadi. Ini juga sudah menjadi rule of thumb saya untuk mengukur dekat – menengah – jauh.

10-01-05_peta-angkot_dasar
Peta jalur angkot. Sumber: petaangkot.wordpress.com

Membuktikan pernyataan tadi juga bukan perkara mudah, saya mencoba berpikir cara-cara untuk membuktikan pernyataan itu. Beberapa cara yang terpikirkan:

  • Computer assisted proof dengan mengimplementasikan Brute Force. Dengan memodelkan seluruh jalur angkot di kota Bandung dalam sebuah program, lalu mencoba seluruh titik-titik di Bandung satu per satu. Yang masih belum terbayangkan adalah bagaimana memodelkan jalur angkutan kota itu, dan juga cara ini dapat dipastikan memerlukan waktu yang lama.
  • Memodelkan jalur-jalur angkot itu sebagai rainbow coloring graph. Lalu membuktikan secara formal bahwa dari titik A ke titik B ada <3 warna yang menghubungkannya. Masalahnya adalah saya tidak mengerti cara membuktikannya secara formal, memodelkan jalur angkotnya pun masih belum terbayangkan.
  • Dengan statistik, ambil sampel A dan B yang cukup lalu lakukan eksperimen apakah dari A ke B dapat dicapai dengan maksimal 3 kali naik angkot. Tapi saya juga tidak tahu apakah ini valid sebagai bukti.

Mungkin buktinya sudah bisa jadi paper sendiri, tapi buat apa?😆

Lalu kalau itu sudah terbukti, sebenarnya saya ingin meng-extend hipotesis itu. Apakah juga berlaku untuk kota dan kabupaten Bandung? Bagaimana dengan kota lain? Apakah berlaku juga?

One thought on “Hipotesis Angkot Bandung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s