Fantasy Premier League

Sudah 3 musim ini, saya (dan beberapa teman) bermain Fantasy Premier League. Sebuah game resmi dari website English Premier League. Kebetulan saya memang penggemar Liga Inggris, dan di sana ada klub favorit saya, Arsenal.

Pada game ini kita diharuskan membeli beberapa pemain dengan batasan dana tertentu, ada yang mahal dan ada yang murah. Setiap minggu, pemain akan dinilai poinnya berdasarkan performa yang sebenarnya di lapangan. Gol, assist, menit bermain, dan clean sheet adalah penentu apakah pemain mendapat banyak atau sedikit poin. Kadang kalau beruntung, beberapa pemain diberi bonus karena performa yang eksepsional di lapangan.  Detailnya bisa dibaca di halaman rule website FPL.

Tidak, saya tidak ingin membahas strategi pada game ini, saya hanya ingin membahas game ini berdasarkan perhitungan sederhana. Yang ada di kepala saya saja.

Jadi, pada game ini, sebuah tim akan dinilai total performanya berdasarkan jumlah seluruh poin yang dikumpulkannya. Liga inggris terdiri dari 38 minggu, maka total poin yang kita dapat adalah:

\sum\limits_{i=1}^{38} \text{Gwp}_i

Terkadang ada transfer cost yang harus dibayarkan karena melakukan transfer berlebih (-4, -8, -12, dan seterusnya). Transfer cost ini bisa tidak diberikan kalau wildcard digunakan. Sayangnya wildcard hanya ada dua, satu bisa dipakai sepanjang musim, dan satunya saat bursa transfer Januari. Sehingga:

\sum\limits_{i=1}^{38} (\text{Gwp}_i - \text{Tc}_i)

Setiap gameweek points, sebenarnya adalah rata-rata seluruh tim pada gameweek itu ditambah dengan delta. Delta adalah angka yang membedakan tim kita dengan rata-rata gameweek. Sehingga:

\sum\limits_{i=1}^{38} (\text{Avg}_i + \Delta_i - \text{Tc}_i)

Targetnya adalah jumlah sigma tersebut menghasilkan nilai yang maksimum. Jadi yang sangat berpengaruh adalah \Delta_i dan \text{Tc}_i.

Untuk memaksimalkan faktor transfer cost, saya berusaha disiplin untuk tidak melakukan -4. Dulu sewaktu musim pertama saya, saya melakukan -4 hampir setiap minggu. Jumlah poin saya yang hilang berarti sekitar 38 \times 4 = 152 poin. Jumlah yang tidak sedikit!

Faktor berikutnya adalah Delta, variabel ini bisa positif dan negatif. Karena seluruh tim fantasy mendapatkan rata-rata yang sama, faktor inilah yang membedakan tim kita dengan tim yang lain. Bila tim kita dipenuhi oleh pemain-pemain yang dipilih oleh banyak orang, nilai kita akan mendekati rata-rata.

Pemain-pemain yang akan membuat nilai dekat rata-rata musim ini.
Pemain-pemain yang akan membuat nilai dekat rata-rata musim ini.

Untuk itu, jika mau memaksimalkan delta, pemain kita haruslah yang tidak banyak dipilih orang. Tapi ini problematis, karena kita tidak hanya bermain untuk satu pekan, tapi 38. Kita berlari marathon bukan sprint. Memilih seluruh pemain anti-mainstream, akan mengakibatkan nilai \Delta_i bisa menjadi positif sangat besar, tetapi pada saat lain akan menjadi negatif sangat besar.

Hal lain yang berpengaruh pada \Delta_i adalah pilihan kapten. Dengan pertimbangan yang kurang lebih sama.

Jadi pilihan terbijaknya adalah, memakai beberapa pemain mainstream (agar nilai mendekati rata-rata), lalu beberapa pemain anti-mainstream sebagai \Delta.

Well, that’s too much theory!

Come on Badaksinga! Catch that Ratu Minang!

Badaksinga chasing Ratu Minang!
Badaksinga chasing Ratu Minang!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s