Berburu Tulisan Ilmiah (1)

Bagi yang sedang mengerjakan Tugas Akhir, Tesis, atau Disertasi tentunya akrab dengan yang namanya tulisan ilmiah atau paper. Demikian juga yang sedang melakukan penelitian di lembaga riset tertentu. Masalahnya kadang kita perlu membaca paper yang harganya mahal (~$35 untuk satu paper) dan universitas atau lembaga riset kita bekerja tidak memiliki akses ke sana.

Nah, untuk itu, saya hendak berbagi cara mendapatkan paper-paper itu secara gratis. Sebagai catatan, di sini saya tidak terlalu peduli cara mendapatkan papernya legal atau ilegal, yang penting paper sampai ke tangan kita. Cobalah cara-cara ini satu per satu.

(1) Simple Google Search

Kalau kita beruntung, kita bisa menggunakan cara paling sederhana, cukup dengan mengetikkan judul paper ke google.

Misalkan kita ingin mendapatkan paper dari Oxford Journal, berjudul “Promise and perils of electronic public engagement“. Nah, saya tinggal memasukkan judulnya dan, voila! Dengan melakukan google search sederhana, saya sudah bisa memperolehnya!

Google Search!
Google Search!

Bagaimana kalau kita tidak seberuntung itu? Mari coba langkah selanjutnya.

(2) Google Scholar

Masih tidak jauh-jauh dari google, kali ini kita menggunakan salah satu layanan google yang memang diperuntukkan untuk mencari paper. Instead of searching in google.com, search it at scholar.google.com.

Kali ini yang menjadi “korban” adalah paper dari IEEE: “Model-integrated development of embedded software“. Kalau saya di kampus (ITB) sih mudah mendownload ini, tapi bagaimana jika Anda bukan dari kampus ITB? Mari kita coba google scholar.

Google scholar!
Google scholar!

Nah, itu di kanan ada tulisan [PDF]! Mari kita coba klik! Waaahh!

Screenshot_13
Paper!

Nah kan!

(3) Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Tahukah Anda bahwa Perpustakaan Nasional Republik Indonesia berlangganan beberapa jurnal internasional seperti Taylor & Francis dan Sage? Cukup dengan memberikan data diri sesuai KTP di website-nya, dan kita sudah memiliki akses ke sana secara gratis!

Mari kita melakukan eksperimen di sana dengan men-download paper dari Taylor & Francis berjudul “Dielectric properties of BaTiO3 by molecular dynamics simulations using a shell model“.

Mari masuk ke website perpustakaan nasional, dan login (saya sudah teregistrasi di sana, jika belum, registrasilah).

Tampilan PNRI
Tampilan PNRI

Lalu saya masuk ke Taylor & Francis (dengan mengklik No 17). Lalu mengetikkan apa yang saya cari di kolom search yang muncul.

Hasil pencarian
Hasil pencarian

Nah, di situ ada tulisan “Download Full Text”! Mari kita coba klik, daaan, hohoho:

Hasil PNRI
Hasil PNRI

Bravo PNRI! Ayo dong diperbanyak langganan jurnalnya! Hehehe.


 

Bagaimana kalau masih belum berhasil juga? Nantikan di seri Berburu Tulisan Ilmiah selanjutnya! Jangan lewatkan! Follow blog ini!

Capek juga nulis banyak-banyak.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s