Yang Gratis di Kampus ITB

Beberapa barang/jasa yang bisa dimanfaatkan secara gratis di kampus ITB dan sekitarnya:

(1) Sarapan pagi KKP

Sarapan ini hanya tersedia kalau ITB sedang tidak libur. Disediakan oleh Koperasi Karyawan dan Pegawai (KKP). Tersedia antara jam 06:00 – 07:00 setiap hari Selasa, Rabu, dan Jumat di dekat gerbang Ganesha. Selama persediaan tentu saja. Berdasarkan pengalaman saya, menunya kira-kira: nasi kuning, nasi uduk, atau nasi ketan dengan srundeng.

Gratis tanpa syarat.

Sarapan KKP
Sarapan KKP, Selasa 21 April 2015

Eh, ada syaratnya sih. Bangun pagi.😛

(2) Teh/Kopi Panas di Masjid Salman

Bagi yang Muslim, setelah selesai sholat, di dekat tempat duduk tempat memakai sepatu/sandal, ada dua tangki besar yang menyediakan teh dan kopi. Gelas juga sudah tersedia, tinggal minum. Kalau tidak salah, tersedia sepanjang hari hingga setelah Isya’.

Teh/Kopi Salman
Teh/Kopi Salman

Sampai sekarang rasanya masih ada. Foto diambil dari website Salman.

(3) Air minum

Sebelumnya, ada water tap di ITB yang disumbangkan oleh Alumni ITB 1970. Tapi sejak 2008 (that’s 7 f***ing years ago) tidak berfungsi. Sempat berfungsi sebentar tahun 2014 kemarin. Lalu kembali tidak berfungsi.

water tap
water tap

Semoga saja cepat berfungsi kembali.

Lalu bagaimana? Di setiap Lab, biasanya disediakan galon untuk persediaan minum bagi mahasiswa, peneliti, dan dosen-dosennya. Di lab saya sih ada. Baru datang lagi galonnya setelah 2 bulan.😛

(4) Akses Internet

Akses Internet yang cepat dan murah, adanya ya di kampus ITB ini. Dulu kita memang harus membayar 12.500 tiap bulan untuk akun AI3, sekarang tidak lagi. Sudah gratis.

Tinggal cari tempat yang menangkap Wi-Fi “Hotspot ITB”, setting proxy, masukkan username password dan selesai. Tinggal akses internetnya.

Lebih nyaman lagi kalau ada di ruangan yang menyediakan kabel LAN.

(5) Tulisan Ilmiah

Paper-paper di organisasi profesi seperti IEEE atau ACM mahal harganya. Satu paper minimum berharga $30-an. Untunglah kampus ini berlangganan beberapa jurnal.

Yang saya kenal sehari-hari tentu saja dari IEEE: tinggal buka http://ieeexplore.ieee.org, cari judul, dan paper bisa didapat kalau menggunakan jaringan kampus ITB. Saya kurang tahu apa lagi yang dilanggan ITB, bisa dicek ke perpustakaan.

—-

Ada lagi?

2 thoughts on “Yang Gratis di Kampus ITB

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s