Membuka TabunganKu BNI

Beberapa hari ini, saya tertarik ke produk bank, TabunganKu. Ceritanya, TabunganKu ini adalah program pemerintah untuk menggalakkan menabung. Sudah dimulai sejak awal dekade 2010an ini.

Soalnya saya cari produk bank, yang cuma sebagai pengganti celengan.

TabunganKu tersedia di semua Bank. Iya, semua. Syarat minimum yang dibuat oleh Bank Indonesia adalah:

  • Setoran awal minimal 20 000 rupiah,
  • Tidak ada biaya administrasi bulanan, -> ini paling saya cari. BNI taplus saya makan 25 ribu sebulan (10 administrasi, 10 Internet Banking, 5 SMS Banking ~ kalau tidak salah sih ya).
  • Buku tabungan,

Bila ada fasilitas tambahan, biasanya kebijakan Bank masing-masing.

Setelah baca-baca review TabunganKu, 3 teratas adalah: BII Maybank, BNI Syariah, dan CIMB Niaga. Ketiganya menawarkan fitur ATM, Internet Banking, dan SMS Banking. BII Maybank dan CIMB Niaga saya coret dari daftar karena saya tidak tahu ATM-nya ada di mana, dan juga cabangnya jauh dari tempat tinggal.

BNI Syariah sebenarnya cukup menguntungkan, soalnya jaringannya terhubung ke BNI konvensional, dan saya tahu persis ATM dan kantor cabang BNI mana dekat tempat saya tinggal. Bahkan cabang mana yang buka di hari Minggu.

Tapi berhubung saya sedang banyak gawe, maka saya buka yang dekat saja, TabunganKu milik BNI. Karena cabangnya hanya sepelemparan batu dari lab saya. Fitur tambahannya hanya ATM.

Cerita saya membuka rekening:

  • Datang pagi-pagi, jam 8. Masih sepi dan tidak antri.
  • Ambil antrian, CS bukan teller, langsung dipanggil.
  • Ditanya identitas: KTP. Berhubung KTP saya bukan KTP Bandung, maka perlu identitas lain. Saya menggunakan paspor (SIM juga bisa ~ tapi SIM saya namanya typo).
  • Kalau punya rekening BNI, bawa saja buku+kartu ATMnya, karena mereka kan udah punya di databasenya, tinggal salin datanya.
  • Mengisi formulir, standar pengisian awal rekening.
  • Tambahan biaya 6 000 untuk materai. Untung belum naik jadi 18 000.

Setelah beres, akan diberikan buku tabungan, dari situ akan diminta untuk setor ke teller.

Selesai.

Buku TabunganKu
Buku TabunganKu

Kartu ATM akan diberikan 7 hari kerja setelah rekening dibuka.

ATM saya cari karena, bisa dipakai di Cash Delivery Machine, cepat kalau mau setor. Dekat juga dari kampus.

3 thoughts on “Membuka TabunganKu BNI

Tinggalkan Balasan

