Mengganti HDD dengan SSD

Laptop saya (Thinkpad Edge 13) HDD-nya mulai bermasalah. Start up super lambat, pokoknya semua serba lambat. Selain itu bunyi HDD-nya pas nyari data kencang sekali. Ada bad sectornya juga.

Umur dia baru 5 tahun (dari 2010). Tapi mungkin karena udah dipakai ke mana-mana dan saya juga careless, jadi begini.

Saya pikir mending saya ganti HDD-nya, karena:

  • Malas install ulang, backup data juga nggak punya tempat, deadline thesis mepet.
  • Data dari HDD lama bisa dipindahkan ke yang baru dengan mudah pakai casing hard-disk internal.

Daripada beli HDD baru, dengan harga yang mirip-mirip, saya bisa dapat SSD. Mengorbankan kapasitas, tapi dapat speed. Jauh lebih menyenangkan. Lagipula semua data multimedia saya simpan di HDD eksternal.

Lalu saya beli lah: Kingston SSD v300 120 GB. Di BEC tentu saja. 800 ribuan.

Kingston SSD v300 120 GB

Memasang SSD:

Bagian belakang laptop saya
Bagian belakang laptop saya

Iya, bagian belakang laptop saya begitu. Catnya mengelupas di bagian lid-nya. Bagian lid itu kemudian dibuka.

Setelah lid dibuka
Setelah lid dibuka

Terlihat dari kiri ke kanan: Hard-disk, dan 2 biji RAM (yang tidak bersesuaian karena nambah sendiri dulu). Hard-disknya kemudian dicopot.

Hard disk, tampak belakang
Hard disk, tampak belakang
Hard-disk tampak belakang
Hard-disk tampak depan

Penyangga hard-disk kemudian dibuka.

Penyangga hard-disk
Penyangga hard-disk

Penyangga ini kemudian dipindahkan ke SSD dan dipasangkan ke laptop.

Jpeg
SSD, yang sudah terpasang, tampak belakang

Setelah itu Windows diinstal, driver, dan beberapa software yang dibutuhkan diinstal. Data dari hard-disk lama dipindahkan ke SSD. Tidak semuanya tentu saja karena masalah kapasitas.

Untuk performa, asyik sekali, boot super cepat, nggak ada bunyi, buka-buka aplikasi juga cepat.

Yang saya khawatirkan sih soal endurance dia. Awetkah SSD ini? Tapi saya sih memang selalu bersiaga untuk backup data.

Oh, ya, tentang lid laptop yang mengelupas, akhirnya saya kelupas semua:

Lid yang terpasang kembali dan cat yang dikelupas.
Lid yang terpasang kembali dan cat yang dikelupas.

Nah, ngecat dia jadi hitam lagi gimana caranya ya?

Target selanjutnya untuk laptop ini adalah:

  • Ganti keyboard. Keyboard yang ini, ada tombol yang tenggelam dan tidak bisa diperbaiki, meskipun masih bisa berfungsi sih tombolnya.
  • Ganti touchpad, udah nggak sensitif lagi soalnya.

Kenapa gak ganti laptop baru aja? Pengen sih sebetulnya. Tapi saya tidak ingin melepas laptop ini. Jasanya besar, dia sudah menemani saya untuk:

  • Kuliah tingkat akhir waktu S1. Termasuk di dalamnya kuliah yang cukup berat semacam VLSI.
  • Menyelesaikan TA. Eksperimen-eksperimen pakai microphone, amplifier Toneport UX8 sampai dia crash berkali-kali. Sampai akhirnya dapat gelar sarjana.
  • Mengerjakan proyek-proyek: PLN, LAPAN, Telkom, membuat dokumen kurikulum S2, membuat macam-macam proposal.
  • Mendapatkan beasiswa yang saya pakai untuk kuliah S2 ini.
  • Mengerjakan tugas-tugas kuliah S2. Rata-rata semua kuliah S2 memberi tugas. Minimal 5 tugas per kuliah. Bahkan ada yang sampai 17 + tugas besar.
  • Mengajar: Matematika Lanjut (3 semester: SP 2014, ganjil 2014, dan genap 2014) dan PMC+praktikum. Dari membuat bahan kuliah, sampai koreksi ujian.
  • (Semoga) menyelesaikan thesis.

Semoga dia bisa tahan lama.🙂

5 thoughts on “Mengganti HDD dengan SSD

  1. “Awetkah SSD ini” -> tiap cell SSD tahan 100ribu kali write. Jadi 2-3 tahun lah. Controller chip menggilir data baru yang ditulis supaya semua cell sama rata (atau mendekati sama rata) write cycle count-nya…. Masalahnya kalau ada file yang ga pernah dihapus, diam saja di situ terus. Di WIndows sih fungsi optimise (pada tool yang sama dengan “defragment”) dia kerjanya pindahin file-file yang cuma duduk diam ini ke cell lain yang write cyclenya sudah banyak, supaya cell bekas tempat file itu duduk bisa ditulis data lain sehingga write cycle countnya merata.

Tinggalkan Balasan

