Naik Bis di Singapura

Karena satu dan lain hal, saya terdampar di seberang lautan, Singapura. Terlama saya berada di luar Indonesia.

Untuk pergi ke mana-mana, banyak pilihannya, Bis, MRT, LRT, Taksi, Uber. Untuk yang kedua terakhir, saya tidak pernah gunakan karena harganya mahal. LRT jauh dari tempat saya tinggal, jadi juga tidak pernah. Tinggal Bis dan MRT.

Saya mau cerita tentang bisnya. Singapura punya ratusan rute bis. Benar-benar ratusan, dari nomor 1 hingga 900-an. Nomor bis tertinggi yang pernah saya naiki adalah 961.

Bus
Salah satu bus

Tarif

Untuk membayar tarif bisnya, diperlukan kartu ezlink, ini semacam kartu prabayar yang bisa diisi ulang. Kalau di Indonesia mirip-mirip kartu Flazz dari BCA dan eMoney dari Bank Mandiri.

ezlink dan Flazz punya saya
ezlink dan Flazz punya saya

Kedua kartu saya itu fungsinya hampir sama, yang satu untuk di Jakarta dan yang satu untuk di Singapura. Tapi ada beberapa perbedaan:

  • Di bis TransJakarta, pembayaran dilakukan di halte tempat kita masuk. 3500 Rupiah, ke mana pun tujuannya.
  • Sedangkan di Singapura, pembayaran dilakukan dengan cara menempelkan kartu di dekat pintu masuk bis setelah kita masuk. Saldo akan dipotong sebesar rute terjauh bis. Ketika turun, kartu ditempelkan lagi di pintu keluar. Saldo yang sudah dikurangi tadi dikembalikan, namun dipotong sesuai jarak yang kita tempuh. Tarif bis paling murah adalah $0.78 untuk beberapa halte pertama, saya tak tahu harga paling jauhnya.

Kedua kartu tersebut juga bisa digunakan untuk transportasi lain, di Jakarta kartu itu bisa dipakai untuk KRL dan di Singapura untuk MRT. Kedua transportasi rel andalan kedua kota itu.

Tapi soal kenyamanan di kendaraan umum, Jakarta harus belajar banyak dari Singapura. Antri, tertib, bersih, rapi. Kalau di Jakarta kebanyakan untel-untelan

Rute

Tadi sudah saya bilang, rutenya ada ratusan, hampir seribu malah. Meskipun di halte semua informasi jelas, bis nomor mana saja yang lewat, termasuk ada indeks tujuan yang diurutkan secara alfabetis.

Tapi tetap saja saya kan pendatang, mana saya tahu kalau mau ke Singapore Zoo itu harus ke daerah X dulu, lanjut lagi dengan bis nomor berapa lagi. Kalau mau ke Orchard harus ke halte yang ini atau yang seberang? Begitulah.

Untunglah ada aplikasi android bernama CityMapper. Aplikasi ini brilian! Tinggal memasukkan tujuan, berdasarkan GPS kita, dia akan memberi tahu lokasi halte terdekat, cara berjalan ke sana, dan bis nomor berapa yang harus dinaiki. Termasuk bila harus transit. Juga perkiraan waktu tunggu dan waktu sampainya.

CityMapper
CityMapper

Bahkan, sepanjang perjalanan kita tahu halte berikutnya. Sehingga tahu kapan harus memencet bel turun (bukan berteriak “kiri” :p).

Halte

Halte bis atau bus stop terdapat setiap kira-kira 1-3 kilometer. Bus hanya berhenti di halte-halte ini, tidak bisa naik dan turun di sembarang tempat layaknya Kopaja dan Metromini.

Hanya saja, saya agak tidak suka dengan penempatan dan ukuran nama halte di papan informasinya.

Halte
Halte

Nama haltenya kecil sekali, hampir tidak kelihatan dari bis. Atau bisa dikatakan tak terlihat dari bis. Sudah begitu, lokasinya agak tersembunyi, bahkan saya menemukan ada yang di belakang halte

Karena itulah CityMapper + GPS sangat membantu saya, untuk tahu kapan harus turun.

Ide

Kapan bakal ada semacam CityMapper untuk Jakarta? Bukankah kita sudah bisa men-tracking keberadaan Bis TransJakarta (via GoJek) dan KRL (via aplikasi Info KRL). Berarti kan sebenarnya mereka ada API-nya.

Mestinya bisa dibuat. Paling tidak halte/stasiun terdekat untuk naik, rute KRL/TransJakarta, dan halte/stasiun terdekat dari tujuan. Tampaknya menarik.

2 thoughts on “Naik Bis di Singapura

Tinggalkan Balasan

