QS 15:99

dan sembahlah Tuhanmu sampai datang kepadamu keyakinan (ajal).

QS 15:99

IMG_20160713_122212

Sebuah tulisan mural di dinding tangga tembok masjid dekat kantor, yang akhir-akhir ini selalu saya datangi.

Tapi bukan saya, kalau tak bertanya. Dari sekilas artinya yang dituliskan, saya bertanya:

  • Kenapa Al-Yaqiin di situ diartikan ajal? Kenapa tidak hanya keyakinan? Sepanjang yang saya tahu, di bahasa Indonesia pun, keyakinan tidak bersinonim dengan ajal.
  • Apakah ayat itu berarti, apabila kita ragu-ragu, kita diminta untuk menyembah Tuhan, hingga suatu saat datang keyakinan?
  • Atau, bila Al-Yaqiin – entah itu keyakinan atau ajal – itu datang apakah tidak perlu lagi menyembah Tuhan?

Saya bertanya pada seorang kawan, dan dia mengirimkan screenshot Tafsir Ibnu Katsir. Yang ternyata masih ada kaitan dengan 5 ayat sebelumnya, mulai dari 15:94 hingga 15:99.

Intinya waktu itu Allah memerintahkan Nabi yang masih dakwah bersembunyi-sembunyi, untuk melakukannya secara terang-terangan di empat ayat sebelum 99.

Tentang 99 Sendiri, di tafsir tersebut disebutkan bahwa Al-Yaqiin diartikan yang diyakini akan datang, yaitu ajal. Disebut juga bahwa berdasarkan ayat ini, kita wajib beribadah seperti sholat dan lain-lainnya, selama masih berakal sehat dan ajal belum menjemput.

Dari sini, pertanyaan pertama dan kedua saya terjawab, karena arti Al-Yaqiin di situ adalah ajal.

Tentang pertanyaan ketiga. Ternyata ada juga yang mengartikan seperti itu. Ada di footnote tafsirnya. Penafsir, menyatakan bahwa pemahaman seperti pertanyaan saya yang ketiga adalah pemahaman yang salah.

Duh, punteun, kecil adanya ini.

Screenshot_37

Semoga pertanyaan-pertanyaan saya bisa terus terjawab.

3 thoughts on “QS 15:99

Tinggalkan Balasan

