Ide: Web Remote Radio

Stasiun radio favorit saya adalah Delta FM Bandung, ada di frekuensi 94.4 MHz di siaran analognya. Kalau saya di luar kota, biasanya saya mendengarkannya via streaming di TuneIn.

Saya kepikiran bagaimana kalau radio yang tidak punya fasilitas streaming, tapi penggemarnya tetap ingin mendengarkannya meski sedang ada di luar kota. Misalnya saya ingin mendengarkan siaran radio XYZ FM Bandung (imajiner) di frekuensi 93.7 MHz, dan mereka tidak menyediakan fasilitas streaming.

Jadi, idenya adalah bagaimana kalau kita punya server di Bandung, bisa diakses via web, dan user web ini bisa memilih frekuensi yang dia inginkan via web tersebut. Dari web tersebut saya bisa tuning ke 94.4 MHz sehingga saya bisa mendengarkan Delta FM, atau 101.1 MHz MGT Radio. Sehingga saya bisa mengakses web ini di mana saja, dan mendengarkan siaran-siaran radio yang ada di Bandung, cukup dengan memilih frekuensinya.

Masalah dan Solusi Ide

Awalnya saya berpikir, cukup satu radio saja, yang tuningnya bisa saya remote via web lalu streaming hasilnya. Tapi ternyata ada masalah, katakanlah si A mengakses web radio ini dan mengaturnya ke 94.4 MHz, beberapa saat kemudian si B mengakses web ini dan mengaturnya ke 101.1 MHz. Maka, kedua user tadi akan mendengarkan siaran radio 101.1 MHz.

Solusi paling sederhana dari masalah ini, ya, sediakan saja multiple receiver. Tiap penerima diatur pada frekuensi tertentu, dari 88.0, 88.1, 88.2, …, 107.9, 108.0 MHz. Nanti si backend webnya yang mengatur dari receiver mana yang di-streaming oleh user. Masalahnya adalah, itu berarti kita butuh 201 buah penerima radio FM. Ditambah lagi sejumlah soundcard dengan jumlah yang sama.

Screenshot_55

Tapi saya merasa, itu jelas tidak efisien. Masa ada 201 perangkat, yang sebenarnya isinya sama. Cuma beda di bagian pemilih frekuensinya saja.

Dari sini, saya tidak punya ide untuk melangkah, implementasinya bagaimana, tapi saya hanya mengungkapkan apa yang saya pikirkan, agak technical.

Pada dasarnya penerima radio FM bekerja seperti ini:

Screenshot_56

Ketika kita memilih frekuensi tertentu, yang diubah hanyalah frekuensi osilator, sisanya tidak berubah sama sekali. Idenya adalah bagaimana supaya osilator ini bisa diatur, dari web misalnya, dan juga bisa diatur sedemikian rupa supaya bisa diakses oleh user berbeda secara independen? Jadi saya bisa mengatur radio saya pada 94.4 MHz dan kawan saya pada 101.1 MHz secara independen dan tidak mengganggu satu sama lain.

Tapi saya masih tidak ada ide, how to do it.

Related Research

Riset terkait ini adalah software defined radio (SDR), tapi saya tak menemukan SDR yang bekerja pada frekuensi komersial radio FM, 88.0 – 108.0 MHz. Kemarin saya menemukan sebuah web, yang mirip dengan ide saya, di http://websdr.org.

Di web tersebut kita bisa tuning radio pada lokasi servernya, meskipun saya hanya mendengar suara kresek-kresek kemarin. Kebanyakan frekuensinya adalah pada Shortwave Radio (SW).

Saya juga baca-baca tentang implementasi penerima radio FM di FPGA, tapi belum ada satu pun paper yang memuaskan hati saya. Ada ide?

Tinggalkan Balasan

