Khotbah Jumat Hari Ini

Masjid Dzarratul Khair, BATAN, Babarsari, Yogyakarta. Anyway, tempat wudhunya mirip yang di Masjid BATAN Bandung, segi enam. Menarik, yang mendesain sama kah?

Pada khotbah pertama, topiknya adalah kemerdekaan. Beberapa poin yang saya ingat dan catat setelah Jumatan selesai:

  • Para pendiri bangsa menyampaikan bahwa kemerdekaan adalah Atas berkat Rahmat Allah Yang Maha Kuasa. Sesuai dengan pembukaan UUD 1945 Alinea 3.
  • Selain Rahmat Allah, kemerdekaan diraih dengan perjuangan, jihad, para pendahulu.
  • Khatib berpesan untuk mengisi perjuangan dengan bersyukur, bukan hanya dengan ucapan.
  • Kemudian, disampaikan beberapa ayat Al-Quran, yang pertama, QS Ibrahim:7. Wah, langsung teringat pada postingan beberapa saat lalu. Hanya saja yang ditekankan yang belakang, intinya jangan lupa bersyukur.

Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”. (QS 14:7)

  • Beberapa ayat tentang syukur, saya tidak dengar Khatib menyebut nama dan nomor suratnya, hanya bacaan dan artinya. Tapi ayat setelahnya yang dibacakan adalah QS Luqman 12 sambil menegaskan bahwa nasehat di situ bukan hanya untuk Luqman.

Dan sesungguhnya telah Kami berikan hikmat kepada Luqman, yaitu: “Bersyukurlah kepada Allah. Dan barangsiapa yang bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya ia bersyukur untuk dirinya sendiri; dan barangsiapa yang tidak bersyukur, maka sesungguhnya Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji”. (QS 31:12)

  • Dan juga ancaman kepada negeri yang penduduknya tidak bersyukur, dalam surat An-Nahl ayat 112

Dan Allah telah membuat suatu perumpamaan (dengan) sebuah negeri yang dahulunya aman lagi tenteram, rezekinya datang kepadanya melimpah ruah dari segenap tempat, tetapi (penduduk)nya mengingkari nikmat-nikmat Allah; karena itu Allah merasakan kepada mereka pakaian kelaparan dan ketakutan, disebabkan apa yang selalu mereka perbuat. (QS 16:112)

***

Di Khotbah kedua, poinnya adalah sebagai berikut:

  • Masih tentang penduduk suatu negeri, dari surat Al-A’raf 96

Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya. (QS 7:96)

  • QS Al Isra 16, masih tentang penduduk suatu negeri

Dan jika Kami hendak membinasakan suatu negeri, maka Kami perintahkan kepada orang-orang yang hidup mewah di negeri itu (supaya mentaati Allah) tetapi mereka melakukan kedurhakaan dalam negeri itu, maka sudah sepantasnya berlaku terhadapnya perkataan (ketentuan Kami), kemudian Kami hancurkan negeri itu sehancur-hancurnya. (QS 17:16)

  • Hadits, tentang manusia yang baik

Dan sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi manusia. (HR. Thabrani dan Daruquthni)

Demikian.

***

Tadi kepikiran sebuah ide, dicatat dulu di sini deh.

Apakah ayat-ayat yang dibacakan khatib ini suatu ketika akan meng-cover semua ayat yang ada? Dalam setahun misalnya, ayat apa saja yang saya dengarkan dari khotbah Jumat saja?

2 thoughts on “Khotbah Jumat Hari Ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s