Khotbah Jumat Hari Ini

Masjid Al-Akbar, Surabaya. Setelah akad nikah salah satu sahabat saya, Syafiq, dan istrinya, juga teman seangkatan saya, Icut.

Masjidnya besar dan jamaahnya ramai! Yang menarik dari sini adalah setelah selesai semua prosesi Sholat Jumat, ada tanya jawab ke Khatib. Wah, menarik sekali.

Ini minggu keempat saya menuliskan khotbah, empat minggu, empat kota berbeda, Bandung, Solo, Yogyakarta, dan Surabaya. Haha.

Tentang khotbahnya sendiri, ada poin poin yang saya ingat, dan segera saya catat setelah selesai Jumatan. Tema yang disampaikan adalah “Makna Kepahlawanan yang Sesungguhnya”. Kata seorang teman, khatibnya sama dengan yang memberikan khotbah nikah tadi. Sayang saya datang terlambat karena memang jadwal flightnya demikian, tapi saya juga beruntung, flight saya datang setengah jam lebih awal dari jadwal!

Poin-poin khotbah:

  • Kepahlawanan, dalam bahasa Indonesia, menurut khatib dimaknai sebagai keberanian dan kerelaan berkorban untuk membela kebenaran,
  • Dalam konsep Islam, konsep kepahlawanan adalah konsep Syahid dan para Syuhada adalah yang gugur Syahid.
  • Cerita bahwa kota Surabaya adalah kota pahlawan, insiden merobek bendera biru di Hotel Oranye, dan kejadian sekitar 10 November.
  • Hadits tentang perang yang paling berat adalah melawan hawa nafsu
  • “Ketika pulang dari satu peperangan yang dahsyat melawan kaum musyrikin, Rasulullah SAW bersabda yang bermaksud :

    Kita baru kembali dari satu peperangan yang kecil untuk memasuki peperangan yang lebih besar. Sahabat terkejut dan bertanya, “Peperangan apakah itu wahai Rasulullah ? ” Baginda berkata, “Peperangan melawan hawa nafsu.” (Riwayat Al Baihaqi)

  • QS Ali Imran 3:169

    Janganlah kamu mengira bahwa orang-orang yang gugur di jalan Allah itu mati; bahkan mereka itu hidup disisi Tuhannya dengan mendapat rezeki. (QS 3:169)

  • Cerita tentang makam 70 Syuhada di Madinah yang diterjang banjir, menurut khatib ada salah satu Syuhada yang jenazahnya masih utuh, bahkan mengeluarkan darah segar, diidentifikasi sebagai Hamzah bin Abdul Muthalib. (bagian ini perlu dicek hoax atau bukan sih)
  • Hadits tentang diharamkannya rusaknya jenazah Syuhada, setelah dicari, sepertinya ini hadits yang sama dengan yang dijelaskan di Jumat dua minggu lalu. Tapi karena waktu itu khotbahnya dengan bahasa Arab, saya hampir tidak bisa menangkap kalau hadits ini yang dibaca.

    “Sesungguhnya yang paling utama di antara hari kalian adalah hari Jum’at. Pada hari ini Adam diciptakan dan dimatikan. Pada hari ini pula terjadi peniupan sangkakala dan kematian massal. Maka perbanyaklah shalawat kepadaku pada hari ini karena shalawat kalian itu akan diperlihatkan kepadaku.” Mereka bertanya, “Wahai Rasulullah, bagaimana shalawat kami akan diperlihatkan kepadamu sedang jasadmu telah lapuk (remuk)” Maka beliau bersabda, “Sesungguhnya Allah Azza wa Jalla mengharamkan (binatang) tanah memakan jasad para Nabi ‘alaihimus salam” (HR. An Nasa’i dan Ibnu Majah)

***

Anyway, banyak sekali yang terjadi hari ini, banyak kejadian (kebetulan?) yang harus disyukuri, banyak cerita, banyak nasehat, banyak doa, banyak kisah pengalaman teman-teman, perbincangan yang menarik dengan sopir taksi, overall perjalanan ke Surabaya, really worth it!

One thought on “Khotbah Jumat Hari Ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s