Khotbah Jumat Hari Ini

Seperti biasa, kalau hari Jumat, saya mau menulis apa yang disampaikan khatib. Kalau cuma didengarkan, biasanya saya ngantuk, jadi supaya konsentrasi penuh, saya niatkan ditulis.

Hari ini lokasinya di Batan. Bukan yang di Yogyakarta, tapi yang di Bandung. Nama masjidnya Dzarratul Ulum, beda tipis sama yang di Yogya, Dzarratul Khair. Mungkin karena ada di Batan, jadi mereka bermain-main dengan partikel inti atom, namanya diambil dari Dzarrah, sesuatu yang sangat kecil.

Berhubung tempatnya penuh karena sedang ada career fair SBM-ITB, saya hanya dapat tempat di belakang. Suara speakernya agak kemresek tapi saya masih dapat beberapa poinnya.

  • Sekarang menurut perhitungan kalender hijriah adalah bulan Dzulqa’dah, salah satu dari empat bulan yang dimuliakan. Saya tidak terlalu dengar tadi keistimewaannya apa.:/
  • Sekarang juga bulan Agustus, bulan yang bersejarah bagi bangsa Indonesia.
  • Perbanyak bersyukur. Salah satu bentuk bersyukur adalah dengan melaksanakan Shalat. Termasuk di antaranya Shalat Sunnah.
  • Aisyah berkata, “Nabi biasa melakukan shalat malam hingga bengkak kedua kaki beliau.”

  • QS Al-Kautsar 1-3, cara bersyukur adalah mendirikan shalat dan berkorban.
  • Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah. Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus.

  • Dalam shalat, berarti kita bersyukur dengan lisan, dengan membaca doa-doa dan bacaan di dalamnya. Dengan badan, dengan melakukan gerakan-gerakan, dan dengan hati.
  • Tentang Kurban, karena sebentar lagi bulan Dzulhijjah, khatib bercerita tentang kisah Nabi Ibrahim dan anaknya, juga tentang event lain yang berkaitan tentang kurban, yaitu ibadah haji.

Demikian yang saya dapat poinnya, lumayan dengan speaker yang kemresek.

2 thoughts on “Khotbah Jumat Hari Ini

Tinggalkan Balasan

