Khotbah Jumat Kemarin

Late post. Banyak yang harus dikerjakan kemarin. Saya ada di Masjid Dzarratul Ulum, Batan Bandung, kemarin, sama seperti 2 Minggu yang lalu.

Cerita dari Bapak Khatib yang saya ingat:

Seorang sahabat datang ke Rasulullah SAW dan meminta doa agar diberkahi Allah, lalu Rasulullah mengajarkan tentang lima hal, dan khatib menjelaskan satu per satu tiap poinnya. Lima poin itu adalah

  • Ya Allah berkahilah umur-ku,
  • Ya Allah berkahilah rezeki-ku,
  • Ya Allah berkahilah keluarga-ku,
  • Ya Allah berkahilah ilmu-ku,
  • Ya Allah berkahilah jihad-ku.

Menurut Bapak Khatib, sumbernya dari hadits, tapi saya belum menemukan. Ada yang bisa bantu?

Sedangkan ayat Al-Qur’an yang disampaikan adalah, QS Al-Mu’minun (23) ayat 29

Dan berdoalah: Ya Tuhanku, tempatkanlah aku pada tempat yang diberkati, dan Engkau adalah sebaik-baik Yang memberi tempat”. (QS 23:29)

Dan juga QS Al-Baqarah (2) ayat 186

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran. (QS 2:186)

Hanya itu yang saya ingat. Semoga bermanfaat.

2 thoughts on “Khotbah Jumat Kemarin

Tinggalkan Balasan

