Menulis

Setelah tulisan ini dirilis, maka dua bulan penuh berturut-turut setiap hari, blog ini terisi dengan tulisan. Tanpa jeda hari, sebuah pencapaian juga.

screenshot_103

Saya tidak tahu apakah kualitas tulisan saya berkembang selama dua bulan itu, yang pasti jumlahnya yang terus bertambah.

Apakah tidak bosan mengulang-ulang hal yang sama setiap hari? Bukankah Einstein pernah bilang

Kegilaan: Melakukan hal yang sama secara terus-menerus dan mengharapkan hasil yang berbeda.

Saya tak setuju.

Para atlet basket berlatih 3 point shot setiap hari, dalam satu drill latihan mereka bisa melakukannya ratusan, bahkan ribuan kali. Apa yang terjadi? They get better.

Berapa kali kita perlu berlatih menyetir mobil sampai akhirnya dengan percaya diri mengatakan bisa mengendarainya? Kita berlatih terus menerus untuk itu bukan?

Menulis adalah salah satu kemampuan yang perlu dilatih. Seorang dosen saya pernah menasehatkan untuk menulis setiap hari. Idenya sama, latihan, training ground.

Kadang dalam sehari, saya punya banyak ide, kadang pula, saya tidak tahu apa yang harus dituliskan. Tapi tetap harus latihan. Untuk mengatasinya saya menuliskan ide di sebuah buku catatan, kalau sedang ada ide.

Saya juga percaya bahwa hardwork beats talent. Saya tidak terlalu punya bakat dalam menulis, jadi saya harus bekerja keras untuk mengejarnya.

One thought on “Menulis

Tinggalkan Balasan

