Tanggal Merah di Hari Minggu

Hari Minggu kemarin adalah hari libur nasional, Tahun Baru Hijriah. Terlepas dari mereka yang merayakannya atau tidak, libur tetaplah libur.

Saya dulu berfikir, apa gunanya tanggal merah di hari yang sudah libur seperti hari Sabtu atau Minggu? Tanpa tanggal merah pun kita sudah libur bukan?

Di beberapa negara tetangga, Singapura misalnya, jika hari libur nasional bertepatan dengan hari Sabtu, Minggu, atau hari libur lainnya, maka hari kerja berikutnya akan menjadi hari libur.

Indonesia tidak menganut asas itu. Libur di hari Minggu? Nasibmu nak.

Tapi beberapa waktu lalu, saya merasakan efek dari tanggal merah di hari Minggu. Ketika itu saya harus ke Bank Mandiri untuk membereskan urusan internet banking yang sedang bermasalah. Tidak bisa ditunda lagi karena hari Senin saya sudah harus terbang ke luar negeri. Pagi-pagi pula.

Saya tenang saja, karena biasanya beberapa cabang bank membuka outletnya di hari Sabtu dan Minggu. Ada yang namanya weekend banking. Saya pun menuju ke salah satu cabang Bank Mandiri di Jalan Riau, menurut websitenya cabang ini melayani nasabah pada saat akhir pekan.

Sampai di sana, ternyata kantor cabang ini tutup. Lo kok? Saya pun bertanya pada Satpam, “Hari ini gak bisa ke customer service Pak? Weekend banking?” dan jawaban pun saya peroleh, “Hari ini libur, Dik. Waisak”.

Urusan internet banking bermasalah pun tertunda sampai sebulan, gara-gara itu.

Mungkin hari libur di hari Minggu memang berkah bagi mereka yang bekerja di hari itu. Waktunya berkumpul dengan keluarga atau orang-orang yang mereka sayangi, seperti orang lain, yang pasti jarang mereka rasakan.

Tinggalkan Balasan

