Solusi Masalah

Saya pernah membaca sebuah postingan di reddit, alkisah ada seorang yang bekerja sebagai costumer service sebuah maskapai penerbangan yang melayani komplain di bandara. Kebetulan beliau bekerja di maskapai yang sering bermasalah, kalau di Indonesia ekuivalen dengan singa udara.

Tentu saja pekerjaan itu membuatnya harus menghadapi orang-orang yang marah setiap hari. Komplain tentang delay, bagasi hilang, pelayanan tidak baik, toilet pesawat pesing, hingga makanan setengah basi. Bayangkan menghadapi orang marah setiap hari!

Akibatnya tekanan darahnya seringkali naik, menghadapi orang-orang seperti itu bukanlah hal yang mudah. Perlu kesabaran super besar. Namun, setiap orang pasti punya batas-batas kesabarannya. Dia stres, mudah marah, sering pusing, dan sudah mulai bersiap untuk mengundurkan diri dari si maskapai.

Suatu hari, kursi tempat dia duduk biasanya rusak. Kaki kursinya patah sehingga tidak bisa dipakai untuk duduk lagi. Di hari itu, dia tidak menemukan kursi lain, dan kantornya menjanjikan akan membeli kursi baru esok harinya.

Tapi tentu saja tidak mungkin dia terus berdiri di hari itu bukan? Kebetulan di bandara ada kursi roda menganggur. Dipakainya kursi roda itu untuk bekerja di hari itu.

Seperti biasa, pesawat maskapai pun lalu lalang dan beberapa masalah terjadi. Delay dan bagasi hilang selalu menjadi masalah utama. Orang-orang pun datang ke meja layanan pelanggan seperti biasanya, bersiap untuk melampiaskan kemarahan.

Namun, melihat sang pelayan menggunakan kursi roda, seketika amarah para pelanggan hilang. Alih-alih menyampaikan komplain dengan marah-marah, mereka menyampaikannya dengan lemah lembut. Sang pelayan pun heran dengan sikap orang-orang itu.

Keesokan harinya ia kembali bekerja, kursi baru sudah ada, tapi dia tidak menggunakannya. Ia tetap menggunakan kursi roda, reaksi pelanggan masih seperti kemarin. Tidak menunjukkan amarah.

Selang beberapa waktu, ia tak lagi stres, tekanan darahnya kembali normal, pusing jarang menghampirinya. Ia tak lagi berniat untuk resign.

Terkadang solusi masalah kita tidak harus yang rumit dan tak harus dicari. Ada kalanya ia datang sendiri. Untuk costumer service tadi, solusi yang dia temukan sederhana sekali, mengganti kursi kerjanya dengan kursi roda. Itu pun datang karena kursi yang biasa dia pakai rusak.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s